Jumat, 27 Oktober 2023

Tentang Sebuah Perjalanan


Hi sobat, up and down kehidupan itu adalah hal biasa, setiap orang punya kisah dan perjalanannya masing-masing. Berbagai pengalaman dan kisah tentang sebuah perjalanan kehidupan yang mungkin bisa menginspirasi orang lain. Di dalam kehidupan itu ada suka maupun duka, ada canda dan ada tawa, ada sedih juga kecewa. Nah, begitulah kehidupan tidak ada yang sempurna sesuai ekspektasi kita. Terkadang pengalaman hidup juga mengajarkan banyak hal kepada kita, sesuatu yang sangat berharga dan tidak pernah ditemukan di bangku sekolah tetapi hanya ditemukan di sekolah kehidupan.

Nah, apa itu sekolah kehidupan? Sekolah kehidupan itu terbentuk seiring dengan perjalanan kehidupan kita dan waktu yang telah kita lewati. Kita tahu, banyak hal yang telah di lewati dan jalani tanpa disadari begitu juga dengan jatuh dan bangun dalam kehidupan itu adalah hal yang sudah biasa sebab setiap perjalanan akan sangat berbeda bagi setiap orang, pengalaman yang mereka dapatkan dan temui juga berbeda. Untuk memahami makna tentang sebuah perjalanan itu sendiri tidaklah mudah dan tidak semua orang benar-benar bisa memahami makna tersebut. Bagi saya setiap perjalanan yang telah saya lewati dan jalani itu memiliki makna tersendiri dan banyak sekali pelajaran yang berharga yang telah saya dapatkan.

Ketika kamu telah memutuskan untuk memulai sebuah perjalanan, kamu harus mampu menerima setiap konsekuensinya. Kamu dituntut untuk harus selalu siap dengan segala rintangan yang akan kamu hadapi, entah itu mudah ataupun sulit. Banyak hal yang harus dipersiapkan bukan hanya mental saja tetapi fisik juga harus kuat untuk menjalani proses itu semua. Adakalanya kamu akan merasakan kecewa dan sedih ketika impian, cita-cita begitu juga harapanmu tidak tercapai dan tidak sesuai dengan ekspektasimu tetapi itu semua adalah proses yang memang harus kamu jalani.

Kamu tidak akan pernah tahu jika kamu tidak mencobanya terlebih dahulu walaupun sebenarnya kita tahu bahwa di dalam hidup, kamu harus tetap berjuang terus untuk mencapai impianmu dan sekeras apa pun usahamu, insyaallah akan ada hasilnya walaupun kamu terjatuh terlebih dahulu dan lalu bangkit kembali. Semua itu tidaklah mudah bagi orang-orang yang telah melewati fase dari proses perjalanan hidupnya, akan banyak pengalaman berharga yang didapat dari semua proses itu. Akan ada kenangan disetiap perjalanan, entah itu bahagia, sedih, suka, duka, canda maupun tawa yang senantiasa mengiringi proses perjalanan kehidupan itu. Begitu juga dengan orang-orang yang kamu temui, kamu akan menemukan berbagai macam karakter orang ketika dalam proses perjalanan kehidupanmu, ada yang baik, pura-pura baik, tulus, toxic, penjilat, bermanis mulut, suka memanfaatkan, suka mengadu domba, manipulatif dan berbagai macam orang dengan karakter berbeda lainnya yang akan kamu temui.

Tetapi percayalah kamu bisa memilah orang ataupun teman seperti apa yang pantas untuk berteman denganmu, awalnya memang tidak mudah untuk memilah itu semua tetapi yakinlah bahwa kamu bisa. Teman dan circle yang baik akan senantiasa mendukungmu dalam keadaan apa pun tetapi circle yang toxic dan manipulatif bisa menghancurkanmu dengan perlahan jadi berhati-hatilah terhadap teman maupun lingkungan yang kamu percaya. Tidak semua orang bisa kamu percaya dan kamu pegang ucapannya, bisa jadi nanti mereka akan menghancurkanmu perlahan-lahan baik itu mentalmu, nama baikmu, pekerjaanmu bahkan karaktermu juga bisa dibunuh oleh mereka. Hal itu bisa saja terjadi, baik itu secara langsung ataupun tidak langsung dan tanpa kamu sadari ketika mereka mulai merasa tersaingi oleh kehadiranmu dan pencapaianmu, mungkin pada awalnya kamu tidak menyadarinya bahkan yang kamu lakukan itu juga masih biasa-biasa saja dalam tahap normal dan hal yang lumrah pada umumnya tetapi tidak bagi mereka yang memiliki sifat iri hati, dengki dan hasad sebab mereka tidak akan pernah bisa melihat kamu sukses dalam hal apa pun, mereka juga tidak akan pernah berhenti begitu saja hingga membuatmu benar-benar jatuh dan terpuruk. Nah, begitulah kehidupan, sebuah perjalanan yang tidak mudah bagi kita bukan? Bahkan terkadang kita dibenci tanpa alasan yang jelas, tanpa kita tahu di mana letak kesalahan kita padahal kita sama sekali tidak pernah mengganggu mereka.

Jalanilah kehidupanmu sesuai keinginanmu, gapailah impian, cita-cita dan harapanmu sesuai yang kamu inginkan sebab hanya kamu yang tahu apa yang terbaik untuk dirimu dan abaikan segala rintangan yang menghadangmu, kamu hanya perlu menjalani prosesnya saja. Ayolah, kamu pasti bisa! Apa yang terjadi hari ini sebenarnya adalah sumber kekuatanmu untuk bangkit dan terus bangkit walaupun jalan yang kamu lewati itu tidaklah mudah. Percayalah, kelak kamu akan mengerti tujuan dari perjalanan ini, kamu akan bertumbuh dan terus bertumbuh seiring dengan berjalannya waktu. Perjuanganmu, letihmu, rasa kecewamu, marahmu, sedihmu, dan tangismu akan terbayar ketika semua pintu dan jalan yang telah mereka tutup itu pada akhirnya terbuka untukmu sebab Allah tidak akan pernah membiarkanmu sendiri dalam keterpurukan dan ketidakberdayaan, Dia akan selalu ada dan senantiasa tahu apa yang terbaik untukmu.

Perjalanan ini masih panjang dan belum usai sebab masih ada hari esok yang akan menantimu, memelukmu erat, membersamaimu dan menemanimu hingga akhir. Banyak hal yang terjadi tanpa kita sadari begitu juga dengan kehidupan yang selalu penuh rahasia dan teka-teki yang tidak mudah untuk ditebak tetapi kita harus bisa menjalani itu semua dengan penuh kesabaran, keikhlasan, ketegaran dan keteguhan hati agar kita bisa tetap berada di jalan kita dan tetap berpegang teguh dengan prinsip kita. Tanpa prinsip, hidup kita seperti kapal tanpa nakhoda, tidak tahu ke mana arah dan tujuan kita bahkan tidak tahu ke mana akan berlabuh.

Untuk sobat semua, hiduplah dengan prinsip-prinsip yang kalian miliki agar kalian lebih dihargai sebab dengan prinsip, kalian tidak akan bisa diperlakukan semena-mena dan tetaplah bertahan karena kalian akan tahu bagaimana terjatuh lalu bangkit dan berjuang. Tetaplah menjadi versi terbaik dari dirimu sebab hanya kamu yang tahu value yang kamu miliki dan jangan pernah menyerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Self Love Dengan Cara Mengenali Diri Sendiri

Self love adalah salah satu cara untuk mengenali diri sendiri dengan cara mencintai diri sendiri. Hal ini terkadang acap kali terlihat sedi...