Selasa, 14 November 2023

Kenali Crab Mentality (Mental Kepiting) Di Lingkungan Sekitar Kita

Banyak fenomena yang terjadi saat ini di lingkungan sekitar kita termasuk crab mentality atau dikenal dengan nama mental kepiting, ada banyak hal menarik untuk dibahas tentang crab mentality ini. Fenomena ini bisa saja terjadi di lingkungan kita baik itu lingkungan sosial di masyarakat, lingkungan kerja, sekolah maupun perkuliahan. Nah, dalam hal ini tidak jarang sebagian orang memaknai crab mentality ini sebagai sebuah perlombaan atau kompetisi.

Crab mentality adalah istilah yang menggambarkan sikap seseorang untuk menghalangi keberhasilan orang lain. Sikap seperti ini merupakan salah satu contoh atau bentuk persaingan yang tidak sehat dan dapat merugikan orang lain.

Istilah crab mentality ini menggambarkan sifat seperti sifat kepiting ketika sedang penuh sesak dalam sebuah ember. Jika salah satu dari kepiting tersebut berhasil naik dan akan keluar dari ember maka kepiting lainnya akan mencapit dan menarik kepiting tersebut agar kembali masuk ke dalam ember. Hal ini sebenarnya tanpa kita sadari sudah sangat sering terjadi di lingkungan sekitar kita. 

Ciri-ciri Crab Mentality
Crab mantality ini biasanya dimulai karena jiwa kompetitif dari seseorang. Hal ini bisa terjadi jika jiwa kompetitif yang terlalu berlebihan, sehingga menimbulkan sikap egiosme atau menang sendiri. Secara psikologi crab mentality atau mental kepiting ini adalah bentuk tindakan berdasarkan mental atau pemikiran bahwa jika saya tidak dapat memilikinya, kamu juga tidak. Crab mentality atau mental kepiting memiliki ciri-ciri yang dapat dilihat dari karakter seseorang. Ciri-ciri tersebut antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Iri ketika melihat pencapaian orang lain dan sukses dalam menggapai cita-citanya.
  2. Beranggapan negatif ketika seseorang berhasil meraih kesuksesan.
  3. Jiwa kompetitif yang berlebihan dapat menimbulkan sikap menjatuhkan orang lain.
  4. Punya pola pikir bahwa ‘jika saya tidak bisa, maka seharusnya kamu juga tidak’.
  5. Beranggapan bahwa keberhasilan yang diraih oleh seseorang didapat karena sebuah keberuntungan dan bukan karena usahanya sendiri.
  6. Menganggap remeh usaha orang lain dalam mencapai sebuah kesuksesan.
Faktor Penyebab Munculnya Crab Mentality
Banyak faktor yang menyebabkan munculnya mental kepiting  baik itu faktor internal maupun faktor eksternal (budaya atau lingkungan). Faktor internal itu sendiri berasal dari diri sendiri seperti sikap egoisme, mau menang sendiri, ambisius, kurangnya rasa empati dan lain-lainFaktor eksternal (budaya atau lingkungan) juga sangat mempengaruhi munculnya mental kepiting, contohnya  seperti orang tua yang selalu membandingkan anak mereka satu sama lain atau dengan anak orang lain, tanpa disadari hal ini akan menimbulkan persaingan satu sama lain.

Cara Menghindari Crab Mentality
Berada pada kelompok atau lingkungan dengan orang yang memiliki sikap crab mentality bisa membuat kamu merasa rendah diri, tertekan, tidak nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari, dan kehilangan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan atau potensi diri. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menghindari orang dengan sikap crab mentality antara lain dengan melakukan hal-hal berikut ini, yaitu:
  1. Tetap gigih dalam mencapai kesuksesan
  2. Mengembangkan kemampuan diri sendiri
  3. Sebagai bahan evaluasi diri ketika merasa gagal
  4. Berkelompok dengan orang yang suportif
Crab mentality ini sangat berpengaruh dalam kehidupanmu sehari-hari. Untuk itu mulailah fokus pada tujuan, kesuksesan dan pencapaian yang kamu impikan. Teruslah mengembangkan potensi yang ada pada dirimu dan jangan menyerah, carilah lingkungan yang benar-benar mendukungmu dan sportif. Hindarilah kelompok-kelompok yang hanya bisa menghambat kesuksesanmu, menjatuhkan mentalmu dan yang telah menurunkan rasa percaya dirimu.

Sumber :
Mental kepiting (19 Oktober 2022) https://id.wikipedia.org/wiki/Mental_Kepiting, diakses pada 11 November 2023.
https://www.alodokter.com/crab-mentality-sikap-orang-lain-yang-menghambat-kesuksesanmu, diakses pada 11 November 2023.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kenali Ciri-ciri Lingkungan Kerja Yang Toxic

Kata toxic sudah sering kita dengar bahkan sangat popular pada saat ini. Kata toxic ini sendiri digunakan untuk menggambarkan suatu kondisi ...