Sabtu, 28 Oktober 2023

Perempuan Dan Kesehatan Mental

 

Isu kesehatan mental ini sudah tidak asing lagi bagi kita, menjaga kesehatan mental itu sangat penting bagi siapa pun terutama bagi para perempuan dan banyak faktor yang menyebabkan kesehatan mental ini. Untuk itu, kita harus lebih terbuka untuk mengetahui dan memahami isu tentang kesehatan mental terutama bagi perempuan. Kesehatan mental bukan saja berpengaruh pada psikologis tetapi juga mempengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan tanpa disadari.

Perempuan sangat rentan mengalami gangguan kesehatan mental baik itu stres, kecemasan, depresi dan lainnya. Tingkat stres yang tinggi akan mempengaruhi kondisi psikologis, emosi, kejiwaan bahkan kondisi tubuh seseorang bahkan jika tidak mampu menahan dan menangani itu semua akan menyebabkan depresi, untuk itu banyak hal yang perlu dilakukan agar tetap bisa stabil di dalam kondisi apa pun agar kesehatan mental ini terjaga dengan baik.

Lingkungan sekitar juga sangat berpengaruh terhadap kondisi seseorang tercipta, banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya gangguan kesehatan mental antara lain yaitu lingkungan sosial yang tidak mendukung, ekonomi, stres yang berkepanjangan, tekanan dalam bekerja, tekanan di dalam rumah tangga atau kekerasan di dalam rumah tangga, pelecehan seksual dan banyak hal lain lagi yang memicu terjadinya gangguan kesehatan mental tersebut sehingga berdampak turunnya produktivitas. Jika kesehatan mental baik, seseorang cenderung lebih fokus, kreatif bahkan lebih produktif dalam menjalankan perannya di kehidupannya sehari-hari. Sungguh tidak mudah bukan bagi kita untuk melewati itu semua tetapi banyak cara yang dapat dilakukan agar kesehatan mental kita tetap terjaga. Jangan pernah mengabaikan betapa pentingnya kesehatan mental ini sebab tidak mudah bagi setiap orang untuk menyadari sepenuhnya bahwa kesehatan mental sangat berpengaruh di dalam kehidupannya sehari-hari.

Sebagai perempuan sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan dalam mengelola stres agar kesehatan mental bisa tetap terjaga, salah satunya yaitu dengan melakukan hal-hal yang berhubungan dengan hobi dan kebiasaan masing-masing sebab seorang perempuan biasanya bisa melakukan banyak hal di saat bersamaan atau dengan kata lain multitasking. Nah, hal ini sangat penting diketahui bersama oleh kita agar kita tetap aware dengan isu kesehatan mental ini dan lingkungan di sekitar kita. Dan banyak cara yang bisa dilakukan agar gangguan kesehatan mental ini teratasi bagi perempuan misalnya disela-sela kesibukannya bisa melakukan aktivitas atau hobi yang mereka suka, manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk melakukan aktivitas yang bisa mengalihkan pikiran dari hal-hal negatif dan sesuai dengan hobi masing-masing. Nah, melakukan sesuatu yang sesuai dengan hobi, apa yang disukai dan sesuai dengan keinginan merupakan salah satu cara terbaik agar kesehatan mental tetap terjaga.

Mental yang sehat akan sangat berpengaruh di dalam kehidupan sehari-hari kita dan bagaimana cara kita memandang segala sesuatu itu secara positif walaupun kita tahu tidak semua hal itu sesuai dengan yang kita harapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Self Love Dengan Cara Mengenali Diri Sendiri

Self love adalah salah satu cara untuk mengenali diri sendiri dengan cara mencintai diri sendiri. Hal ini terkadang acap kali terlihat sedi...